Sunday, January 6, 2013

cabang cabang linguistik bagian I

cabang cabang linguistik bagian I

Linguistik Deskriptif
Menurut bahasa adalah linguistik adalah ilmu yang mempelajari atau menelaah tentang tata bahasa, sedangkan deskriptif adalah menggambarkan apa adanya. Menurut istilah Linguistik Deskriptif atau linguistik sinkronik adalah ilmu yang mengkaji bahasa pada masa yang terbatas. Misalnya, mengkaji bahasa Indonesia pada tahun dua puluhan, bahasa Jawa dewasa ini, Linguistik deskriptif, artinya mendeskripsikan bahasa secara apa adanya pada suatu masa tertentu.
Pada abad ke 19 -20, linguistik komperatif nampaknya menjadi satu-satunya kajian yang dipertimbangkan dalam penelitian linguistik. Namun, Ferdinand De Saussure mencoba mengembangkannya dengan linguistik deskriptif. hanya mengkaji terkait dalam waktu tertentu atau lokasi tertentu dan tidak dicampuri oleh fase waktu yang lainnya. Akan tetapi setelah Ferdinand memperkenalkannya, metode ini cukup menarik perhatian sekolah-sekolah pada waktu itu yang mencoba menerapkannya dalam kurikulum mereka. Kemudian metode inipun dikenal dengan linguistik modern.
B. Objek Kajian Linguistik Deskriptif
Ada beberapa objek yang menjadi kajian dari Linguistik deskriptif yaitu :
1. Fonologi
adalah ilmu tentang perbendaharaan fonem sebuah bahasa dan distribusinya. Hal-hal yang dibahas dalam fonologi antaralain: bunyi ujaran, fonetik dan fonemik, alat ucap,vocal, konsonan, perubahan fonem, dan intonasi.
2. Morfologi
adalah cabang lnguistik yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal. Morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata. Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik.
3. Sintaksis
Sintaksis merupakan tata bahasa yang membahas hubungan antarkata dalam tuturan. Sama halnya dengan morfologi, akan tetapi morfologi menyangkut struktur gramatikal di dalam kata.Unsur bahasa yang termasuk di dalam sintaksis adalah frase, kalusa,dan kalimat
Tuturan dalam hal ini menyangkut apa yang dituturkan orang dalam bentuk kalimat.
4. Semantik
Adalah ilmu yang mengkaji tentang makna kata, kajian tentang makna tersebut di antaranya: makna konotasi dan denotasi, makna dalam konteks, hubungan makna dengan kebudayaan, perubahan makna.

No comments:

Post a Comment