Saturday, January 5, 2013

Pasar Natal

Pasar Natal 

 Pasar Natal (bahasa Jerman:Weihnachtsmarkt atau Christkindlesmarkt) adalah pasar malam yang diadakan untuk merayakan Natal selama adven, terutama empat minggu sebelum hari Natal. Pasar malam ini awalnya merupakan tradisi di Jerman dan Austria, namun sekarang meluas ke berbagai negara di dunia.

Sejarah

Sejarah pasar Natal dimulai sejak akhir abad pertengahan di negara-negara Eropa yang berbahasa Jerman. Walaupun tidak benar, pasar Natal di Dresden sering disebut-sebut sebagai pasar Natal yang tertua. Pasar Natal Dresden pertama kali diselenggarakan pada tahun 1434. Walaupun demikian pada tahun 1434, Dresden masih berupa sebuah kota kecil. Pasar malam ini sekarang memiliki lebih dari 60 stan, dan setiap tahunnya dikunjungi sekitar 1,5 juta hingga 2 juta pengunjung.

Pasar Natal di Bautzen pertama kali disebut dalam dokumen tertulis pada tahun 1384. Di Wina, "pasar Desember" sudah diadakan sejak tahun 1294, dan merupakan bentuk awal pasar Natal.

Adven di kota-kota di Jerman dan Austria umumnya dimulai dengan pembukaan pasar Natal (Weihnachtsmarkt). Di Jerman bagian selatan dan Austria, keramaian ini disebut Christkind(e)l(s)markt. Lokasi keramaian biasanya di alun-alun kota atau di kawasan pejalan kaki

Stan pasar Natal berbentuk kios kecil yang dibangun dari kayu. Selain makanan dan minuman, di stan-stan pasar malam juga dijual mainan, kerajinan tangan, dan hiasan pohon Natal. Di panggung hiburan dipertunjukkan paduan suara dan dansa. Korsel dan kincir ria merupakan permainan di pasar Natal yang digemari anak-anak.

Stan-stan yang populer di pasar Natal, misalnya: gua Natal, zwetschgamännla (boneka dari buah prem kering), nussknacker (boneka kayu pemecah kacang), gebrannte mandeln (kacang badam bersalut gula), kue-kue Natal seperti lebkuchen dan magenbrot (roti jahe), christstollen (stollen), dan bratwurst. Orang dewasa biasanya minum glühwein (anggur hangat, dengan atau tanpa brendi) atau eierpunsch (egg nog ala Jerman)

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Natal

No comments:

Post a Comment