Saturday, January 5, 2013

Snow White: Cerita Rakyat Bangsa Jerman

Snow White: Cerita Rakyat Bangsa Jerman

snow white adalah cerita dongeng yang telah mendunia,namun banyak orang yang tidak mengetahui sebenarnya dari manakah asal dan pecipta dongeng snow white itu. saya akan membahas sedikit mengenai pencipta dan asal dari dongen snow white tersebut.

Snow White dikenal sebagai sosok puteri yang cantik dengan kulit seputih salju, bibir semerah darah, dan rambut sehitam ebony. Snow White berasal dari cerita rakyat Jerman yang diciptakan oleh dua kakak beradik, yaitu Jacob Grimm dan Wilhelm Grimm atau yang lebih dikenal sebagai Brothers Grimm. Mereka adalah dua orang terpelajar dari Jerman yang banyak melahirkan cerita rakyat dan dongeng. Snow White diangkat ke layar lebar pada 21 Desember 1937 dan menjadi film animasi berwarna pertama Disney. Pihak Walt Disney bahkan harus menggadaikan sahamnya untuk pembuatan film tersebut.
Cerita berawal ketika Snow White dibuang ke hutan atas perintah ibu tirinya yang iri akan kecantikan sang puteri. Di tengah hutan, Snow White ditolong oleh tujuh kurcaci dan mampu menjadi sosok ibu yang baik ketika tinggal bersama Doc, Grumpy, Sleepy, Sneezy, Bahsful, Happy, dan Dopey. Sampai tiba hari di mana ibu tirinya mengetahui Snow White masih hidup dan menjebaknya menggunakan apel beracun yang membuat Snow White meninggal. Para kurcaci lalu menidurkan Snow White dalam sebuah peti dan memastikannya terlihat cantik. Suatu hari seorang pangeran melewati peti tersebut dan terpesona akan kecantikan Snow White yang terlihat seperti sedang tertidur. Sang pangeran menciumnya dan tanpa diduga, Snow White pun terbangun.

NB : ini masuk di menu deutsch kulturkunde ( uber deutschland )

 

No comments:

Post a Comment