Saturday, January 5, 2013

Mülltrennung

Tentang CCU (Cross Cultural Understanding): Mülltrennung (Pemisahan Sampah)

Die Mülltrennung ist sehr wichtig in Deutschland! Pemisahan sampah sangat penting di Jerman. Memang butuh sedikit latihan untuk membedakan jenis jenis sampah masuk ke sampah apa. di Jerman ini yang bisa juga menjadi masalah karena banyak pendatang yang tidak peduli pemisahan sampah hanya karena alasan MALAS. Sayang sekali! Jerman adalah negara maju dan baik menurut saya, dan ini jadi boomerang karena banyak pendatang yang tidak berusaha mematuhi apa-apa yang sudah menjadi aturan di Jerman, salah satunya die Mülltrennung ini.

Di Jerman ini, ada sistem pemisahan sampah. So was kommt wohin?? jadi, apa dibuang kemana?
ada tiga jenis tong sampah:

1. Tong sampah untuk plastik (verpackungen aus Kunststoff)

Apa saja yang termasuk dalam sampah ini?
a. Semua yang terbuat dari plastik.
b. Verpackung (packaging) dari karton jus, atau susu.

2 Altpapiertonnen


a. Pappe (Cardboard boxes alias karton yang tebal-tebal )
b. Zeitungen(koran), Zeitschriften (majalah), Bücher(buku-buku), Katalog.
Gelas kaca.
Tapi untuk bolam lampu, kita harus buang khusus, ada tempat yang menyediakan penampungan untuk buang bolam lampu ini. Alasannya karena bolam lampu mengandung hal2 yang berbahaya, jadi harus dipisah dari gelas kaca biasa.

3.Bioabfall (Grüne Tonne)

Namanya juga Bio, jadi segala yang berbau sampah basah, termasuk küchenpapier ya. Ini perlu dipisah, agar nanti bisa dinuat jadi pupuk kompos.
Nah bagaimana dengan yang lainnya? sampah banyak jenisnya: Sperrmüll (bulky garbage) seperti misalnya :Kasur, korden atau tirai, sprei, radio juga ada khusus. Bateri yang sudah habis juga buangnya hati2 karena kandungan kimia didalamnya. Nah di supermarket2 seperti REWE biasanya ada tempat sampah untuk pembuangan batteri.

NB: ini masuk di menu Deutsch kulturkunde ( die deutschen )

No comments:

Post a Comment