Saturday, January 5, 2013

Kue-Kue khas dari Jerman

Kue-Kue khas dari  Jerman

Schokokuss

Schokokuss atau Schaumkuss ("ciuman coklat" atau "ciuman busa") adalah sejenis penganan manis khas Jerman yang terbuat dari wafel dengan busa putih telur dan lapisan coklat.Terdapat banyak variasi Schokokuss, beberapa dengan siraman coklat putih dan ada yang diberi dengan kelapa dan gula.Schaumkuss disebut pula Schokoladenkuss, Schaumzapfen, Süßpropfen atau Naschkuss. Orang Jerman menggemari penganan ini dan memakan sebanyak 1 miliar potong Schaumküsse tiap tahun dan rata-rata anak memakan sebanyak 100 potong.Kanak-kanak Jerman suka makan Schaumkuss dengan menggunakan 2 lapis Brötchen (roti gulung) yang disebut Matschbrötchen, Klatschbrötchen, Datsch atau Schokokussbrötchen.

Stollen

Stollen atau Christollen adalah kue khas Jerman yang terbuat dari adonan ragi dengan rasa manis dan diisi dengan buah kering, kacang dan marzipan serta taburan gula. Sejarah stollen di Jerman telah bermula sejak tahun 1329.Jenis yang paling terkenal dan dapat ditemui di banyak supermarket adalah Dresdner Christollen. Kue ini berasal dari kota Dresden, Jerman dan dibentuk dengan dasar yang lonjong dan bergelombang di bagian tengah yang melambangkan bayi Yesus dalam lapisan pakaian. Stollen adalah sajian khas Hari Natal dan pada awalnya dibuat sebagai penganan selama masa puasa adven.

Pertama kali kue ini muncul di Naumburg (Saale) pada tahun 1329. Stolleh telah dijual di Pasar Natal Dresden sejak abad ke-15.Pada awalnya kue ini memiliki ciri khas rasa yang hambar, dibuat dengan campuran adonan tepung, air dan oat, namun sekarang telah berubah menjadi kue berbentuk loaf yang memiliki rasa khas. Mentega, kismis, dan sari lemon dicampur dengan adonan ragi dan dipanggang, setelah itu diberi taburan gula halus.Isinya bisa bervariasi dari marzipan, biji popi, produk susu atau kacang-kacangan. Setiap tahun di kota Dresden, diselenggarakan Festival Stollen dengan membuat sebuah Stollen raksasa dengan berat 3000-4000 kg dan dibagi-bagikan kepada penduduk kota dan pengunjung festival.

Vanillekipferl


Vanillekipferl adalah jenis kue Natal khas Jerman dan Austria yang berbentuk bulan sabit kecil yang diberi rasa vanila dan ditaburi gula halus.

Kue Black Forest (Bahasa Jerman: Schwarzwälder Kirschtorte)

adalah jenis kue khas Jerman yang paling dikenal di dunia.Kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser, schnapps ceri jernih khas daerah Schwarzwälder ("Black Forest").Walau dikenal berasal dari daerah Black Forest, namun seorang pembuat kue dari Bad Godesberg, dekat Bonn, mengklaim menemukan resepnya pada tahun 1915. Ia kemungkinan berasal dari daerah Danau Constance, yang berada dekat Black Forest, jadi ia menamakan resep ciptaannya dari nama daerah itu. Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang asal usul kue ini. Pertama serutan coklat di atas kue mungkin melambangkan Black Forest.Kedua, mungkin karena namanya mengandung kata Kirschwasser yang merupakan ciri khas daerah Black Forest.Ketiga, ada yang mengatakan bahwa namanya berasal dari pakaian tradisional wanita Black Forest yang berwarna hitam dengan blus putih dan topi putih dan bola-bola merah yang melambangkan buah ceri.

Lebkuchen 


atau "roti jahe" adalah jenis kue tradisional khas Jerman. Roti ini memiliki rasa jahe dan dibuat dari adonan tepung dengan madu, telur, hazelnut, walnut, badam, manisan jeruk, potongan lemon, marzipan dan rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, adas manis, pimento, ketumbar, dan kapulaga.

Walaupun roti jahe telah dibuat di Eropa selama berabad-abad, di antara negara-negara tersebut Jerman merupakan negara yang memiliki sejarah terlama dalam tradisi membuatnya.Lebkuchen dibuat pertama kali di Nürnberg pada tahun 1395. Pada tahun 1643, warga Nürnberg membangun perkumpulan tukang roti Lebkuchen yang dipelopori oleh 14 orang pembuat roti guna membuat Lebkuchen dengan resep dan aturan yang teliti.

Sampai tahun 1867, Lebkuchen masih dibuat dengan tangan.Saat ini, sebagian besar Lebkuchen dibuat dengan mesin, namun begitu, banyak produsen roti di Nürnberg masih membuatnya dengan tangan. Sekarang, diperkirakan sekitar 2000 buah Lebkuchen dibuat per menitnya di Nürnberg dengan tenaga kerja sebanyak 4000 orang. Beberapa dibuat oleh perusahaan besar dan beberapa oleh perusahaan keluarga yang resepnya diwariskan secara turun temurun. Resep roti jahe tertua dari abad ke-16 masih disimpan di Museum Nasional Jerman.

Pada tahun 1996, roti jahe Nürnberg dideklarasikan sebagai "Perlindungan Status Geografis" dan disahkan dengan stempel Uni Eropa bahwa hanya Lebkuchen dari kota Nürnberg yang bisa disebut dengan "Nürnberger Lebkuchen".

No comments:

Post a Comment