Sunday, December 30, 2012

Media Massa di Jerman


1. Majalah di Jerman
        a. Bravo adalah sebuah majalah remaja Jerman yang merupakan majalah remaja berbahasa Jerman terbesar di Eropa. Edisi pertamanya diterbitkan pada tahun 1956 dengan slogan "majalah untuk film dan televisi" ("Die Zeitschrift für Film und Fernsehen“). Marilyn Monroe' adalah selebriti yang pertama kali menjadi model sampulnya, diikuti oleh Elvis Presley.

        b. CHIP adalah nama majalah komputer yang diterbitkan di beberapa negara di kawasan benua Eropa dan Asia. Di Indonesia, majalah ini diterbitkan pertama kali pada bulan Juli 1997 oleh PT Elex Media Komputindo (Kelompok Kompas Gramedia) dengan memegang lisensi dari Vogel Burda Group, München, Jerman. CHIP terbit di 16 negara, antara lain Jerman, Yunani, Hongaria, Italia, Polandia, Rumania, Turki, Ukraina, Belanda, Singapura, Malaysia, dan India.

           c. Der Spiegel (bahasa Jerman untuk "Cermin") adalah majalah mingguan yang terbesar dan paling berpengaruh di Jerman. Spiegel diterbitkan di Hamburg dan mempunyai sirkulasi sekitar satu juta setiap minggu. Edisi pertamanya diterbitkan di Hannover pada 4 Januari 1947. Di Jerman, Spiegel dikenal sebagai majalah dengan gaya tulisan yang akademis dan tebalnya yang menakjubkan. Meskipun merupakan majalah mingguan, setiap edisi biasanya mempunyai lebih dari 200 halaman, bahkan dengan rasio isi dengan iklan sebesar 2:1


2. Stasiun Televisi
         a. Arbeitsgemeinschaft der öffentlich-rechtlichen Rundfunkanstalten der Bundesrepublik Deutschland, biasa disingkat ARD ialah organisasi kerja sama yang terkait dengan stasiun siaran umum di Jerman. Organisasi itu didirikan pada 1950 di Jerman Barat.
Sejak 1952 ARD juga merambah saluran TV nasional, sejak 1993 disebut Das Erste.
Pada 2005 organisasi ini terdiri atas perusahaan-perusahaan berikut ini:

    Bayerischer Rundfunk (BR)
    Hessischer Rundfunk (HR)
    Mitteldeutscher Rundfunk (MDR)
    Norddeutscher Rundfunk (NDR)
    Radio Bremen (RB)
    Rundfunk Berlin-Brandenburg (RBB)
    Saarländischer Rundfunk (SR)
    Südwestrundfunk (SWR)
    Westdeutscher Rundfunk (WDR)

         b.  DW atau Deutsche Welle dibentuk tahun 1950. DW merupakan stasiun televisi dan radio Jerman. DW juga menyediakan berita di internet. Layanan televisi DW di Jerman antara lain DW (RADIO), DW, dan DW.DE. Televisi ini tersedia 30 bahasa.
Kantor pusat stasiun televisi dan radio ini berada di Bonn. Serta konsep acaranya tidak terlalu banyak berubah dari stasiun televisi lainnya.

         c. DW adalah sebuah stasiun televisi Jerman yang didirikan pada 3 Mei 1953. Ini adalah stasiun televisi terkenal di negara Jerman.
Program berita DW, "Journal" ditayangkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Jerman. Journal DW juga ditayangkan dalam bahasa Arab yang dikirim ke timur tengah lewat nilesat dan tayang 6 kali sehari. Journal DW juga ditayangkan dalam bahasa Spanyol yang tayang 2 kali sehari di Amerika Latin. Journal DW akan hadir dalam bahasa Perancis dan bahasa Italia tahun 2009 nanti. Journal DW dalam bahasa mandarin akan hadir tahun 2010 mendatang.

         d. Zweites Deutsches Fernsehen (ZDF), sebuah saluran televisi umum Jerman yang berpusat di Mainz. Beroperasi sebagai sebuah badan nirlaba independen yang didirikan atas kontrak bersama antara negara bagian federal Jerman (Bundesländer). ZDF didanai dari sebuah lisensi televisi dan periklanan .

Stasiun ini mulai mengudara pada 1 April 1963 dari Eschborn. Saluran ini menyiarkan program pertamanya dalam warna tahun 1967. Tahun 1974 ZDF memindahkan basis operasinya ke Mainz-Lerchenberg, setelah ditempatkan di Wiesbaden.ZDF adalah sebuah saluran, bukan jaringan, saluran ini mengudara tanpa variasi atau afiliasi regional apapun di negara ini, menggunakan sejumlah pengulang sinyal. Sebelum penyatuan kembali Jerman, ZDF, seperti ARD, menempatkan banyak pemancarnya di lokasi yang mudah diterima di wilayah luas Republik Demokratik Jerman, dimana kedua saluran disaksikan oleh sebagian besar penduduknya.

Dimulai tahun 2002 dan dijadwalkan selesai tahun 2008, pemancar ZDF telah diganti dari analog ke digital. Secara digital, mux ZDF terdiri dari ZDF itu sendiri, 3sat, ZDFinfokanal (saluran berita ZDF), KI.KA (saluran anak; hanya siang hari), ZDFdokukanal (saluran dokumenter ZDF; hanya malam hari).

ZDF tidak menjalankan pemancarnya sendiri. Sepanjang hari analog, seluruh pemancar ZDF dijalankan oleh Deutsche Bundespost yang kemudian diprivatisasikan sebagai subsidiari Deutsche Telekom, T-Systems Media Broadcast. (Kontras degnan penyiar umum Jerman lainnya, ARD, yang memiliki pemancar utamanya.) Karena hukum, ZDF tidak diperbolehkan menggunakan pemancar ARD. Sebagaimana hukum berubah pada 1990-an, sejak pergantian ke digital ZDF menggunakan pemancar ARD dan Telekom.

NB : ini masuk di menu Deutsch kulturkunde   (o    uber deutschland )

No comments:

Post a Comment